5 Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog

Sabtu, 31 Agustus 2013
Share this Article on :
Nah kemarin saya buat postingan tentang Cara Mempercepat Kinerja Mozilla Firefox, sekarang beralih lagi ke tips blogger, Sebenernya ada bnyak cara ampuh untuk mempercepat loading blog tapi saya hanya akan paparkan 5 saja yang pernah saya coba dan saya rasa hal itu sangat bermanfaat nah langsung saja aja ya sob cobain...


Pilihlah template yang Simple
Asumsinya , template simple = loading ringan = pengunjung betah = banyak visitor = SEO friendly. Pada awal mulanya saya ngeblog pengennya tampilan blognya indah & keren tapi setelah dipikir-pikir itu sangat membebani blog kita sehingga memakan waktu loading yang sangat lama. Mau bagaimanapun bagusnya postingan kita kalau loading blognya sudah lama sebelum blog terbuka pengunjung sudah menutup browsernya.


Kurangi penggunaan widget yang tidak penting
Pemakaian beberapa widget sangat tidak disarankan untuk seorang blogger yang cinta kecepatan, saya contohkan sudah memakai widget total tayangan laman (default blogger) kita memasang juga widget flag counter, atau Hitstats, kan mubazir. Menggunakan widget clock atau jam juga kurang cocok, mengingat semua laptop atau komputer yang dipakai pengunjung sudah ada jamnya.


Jangan menggunakan animasi flash, lebih baik gunakan format .gif
Tentunya sobat semua tau kalau animasi flash itu lebih berat daripada .gift, jadi kalau tidak terlalu mendesak jangan gunakan animasi Flash demi mengoptimalkan loading blog kita.
Pindahkan widget ke dalam static page (halaman statis/ laman)
Rekomendasi dari beberapa webmaster sih hampir sama, untuk homepage fokus saja untuk kontent (posting and arsip), saya juga menggunakan tips ini, misalnya Guestbook saya letakkan di halaman statis (laman), begitu juga tukar link (Link Exchange). Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi beban homepage.


Kurangi pemakaian javascript dalam halaman depan (homepage)
Source kode dari pihak ketiga emang berpengaruh sekali dalam time loading blog kita. Karena disaat kita membuka blog, secara otomatis browser menjalankan perintah untuk memanggil js tersebut untuk ikut diload saat bersamaan, sehingga blog menjadi berat.


Nah untuk membuktikan ke-5 tips berguna atau gak. Coba sobat test kecepatan sebelum dan sesudah dilaksanakan tips di atas. Untuk mengetest kecepatan kunjungi gtmetrix Di sini.





Jika dirasa artikel ini bermanfaat, mohon beri komentar berupa saran kritikan atau pendapat, boleh di sebarluaskan asal membaca Etika Blogger


Artikel Terkait: